Yuk Tata Dapur di Rumah Agar Aman Bagi Lansia


Jika anda tinggal bersama dengan orang tua ataupun mertua di rumah, maka anda harus memastikan kondisi rumah sudah dalam kondisi yang aman. Mengingat usia mereka yang tak lagi muda, pastinya anda akan khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Salah satu area yang paling utama dan harus diperhatikan adalah area dapur. Namun anda tidak perlu khawatir lagi jika sudah menata dapur di rumah anda agar aman bagi lansia seperti di bawah ini.


1. Penerangan

Meski anda tidak membutuhkan lampu di dapur ketika siang hari, namun anda tetap harus memastikan bahwa penerangan di dapur mencukupi. Seperti yang diketahui, dapur kerap menjadi area paling berantakan di rumah.

Pastinya anda tidak ingin orang tua anda salah meraih barang dan akhirnya mencelakai dirinya karena penglihatan yang kurang.

2. Bersihkan lantai dapur

Apabila anda termasuk orang yang sering melakukan aktivitas memasak di dapur, maka kebersihan di dapur harus selalu diutamakan terutama area lantai. Pasalnya setelah memasak, biasanya lantai akan kotor terkena sisa tepung, minyak ataupun kotoran lainnya.

Hal ini dapat menyebabkan lantai menjadi licin. Biasanya mayoritas orang tua di rumah sering menggunakan sandal. Jika lantai masih kotor dan licin, hal ini dapat membahayakan orang tua.

3. Gunakan timer untuk kompor

Apabila orang tua anda termasuk orang yang terbiasa menggunakan air hangat untuk mandi atau sering memasak air sendiri, maka sebaiknya anda menggunakan timer pada kompor anda.

Pasalnya orang yang sudah tua sering lupa bahwa mereka sedang memasak air. Hal ini dapat membahayakan anda sekeluarga.

Tak hanya itu, pastikan juga untuk menjauhkan benda-benda tajam seperti pisau dari tempat-tempat yang sering dikunjunginya.

4. Masukkan barang ke lemari dapur

Pastikan tidak ada barang yang tidak terpakai berserakan di dapur. Simpanlah barang-barang anda ke dalam lemari. Pastikan juga untuk tidak menyimpan barang-barang yang tidak ada kaitannya dengan urusan memasak.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, pastikan agar area dapur selalu lapang untuk memudahkan para orang tua bergerak dan agar tidak tersandung barang-barang di dapur.

5. Siapkan makanan di meja makan

Alangkah baiknya untuk selalu menyiapkan makanan pada waktunya di meja makan. Hal ini bisa memudahkan dan mencegah para orang tua untuk mencari makanan sendiri di dapur.

6. Bedakan peralatan makan


Anda bisa membedakan peralatan makan khusus bagi orang tua yang tidak mudah pecah dan tidak licin. Letakkan juga di area yang mudah dilihat dan dijangkaunya. Jangan lupa pula untuk menjauhkan peralatan makan yang mudah pecah dan licin. Hal ini untuk meminimalisir para orang tua terluka akibat peralatan makan yang mudah pecah dan licin.

Postingan Populer